dua mata Muhammad, sehingga ia
mengetahui bahawa ia telah mendekati tujuannya. Buhairah terpaku ketika
memandangi Muhammad bin Abdillah sehingga kaum selesai makan dan mereka
berpisah.
Muhammad bin Abdillah duduk
sendirian. Buhaira menghampirinya dan berkata: "Wahai anak kecil, demi
kedudukan Lata dan 'Uzza, sudikah kiranya engkau memberitahu aku terhadap apa
yang aku tanyakan kepadamu?" Buhaira ingin mengetahui sikap anak ini
terhadap berhala kaumnya. Anak kecil itu menjawab: "Jangan engkau bertanya
kepadaku tentang Lata dan 'Uzza. Demi Allah, tidak ada sesuatu yang lebih aku
benci daripada keduanya." Buhaira berkata: "Dengan izin Allah aku
ingin bertanya kepadamu." Anak kecil itu menjawab: "Tanyalah apa saja
yang terlintas di benakmu."
Buhaira bertanya kepada anak kecil
itu tentang keluarganya, kedudukannya di tengah-tengah kaumnya, mimpinya dan
pendapat- pendapatnya. Dialog tersebut terjadi jauh dari pantauan kaum kerana
mereka tidak akan diam ketika mendengar bahawa Muhammad membenci
berhala-berhala mereka. Kemudian Muhammad menjawab pertanyaan-pertanyaan
Buhaira dengan yakin, hingga membuat Buhaira mantap bahawa ia sekarang duduk
bersama seorang Nabi yang khabar berita gembiranya disampaikan oleh Nabi Isa
sebagaimana disampaikan oleh nabi-nabi dari kaum Israil dari kaum Nabi Musa.
Setelah itu, ia bangkit meninggalkan anak kecil itu dan menuju ke Abu Thalib ia
bertanya tentang kedudukan anak kecil itu di sisinya. Abu Thalib menjawab:
"Ia adalah anakku." Buhaira berkata: "Tidak mungkin ayahnya
masih hidup." Abu Thalib berkata: "Benar. Ia anak saudaraku. Ayahnya
dan ibunya telah meninggal." Buhaira berkata: "Engkau benar,
kembalilah kamu ke negerimu dan hati-hatilah dari kaum Yahudi." Abu Thalib
bertanya tentang rahsia dari apa yang dikatakan oleh pendeta itu. Pendeta itu
mulai mengetahui bahawa ia telah berbicara lebih dari yang semestinya. Lalu ia
berkata: "Ia akan memiliki kedudukan tertentu." Buhaira tidak
menjelaskan lebih dari itu dan ia tidak menentukan kedudukan yang dimaksud.
Lalu berlalulah peristiwa tersebut
tanpa terlintas dari benak seseorang atau tanpa menggugah kesedaran di antara
mereka. Kisah tersebut tidak membawa pengaruh berarti bagi kafilah atau kepada
Nabi sendiri. Kafilah menganggap bahawa penghormatan pendeta kepada Muhammad
bin Abdillah dan memberitahunya akan kedudukan yang akan disandangnya adalah
semata-mata basa-basi yang biasa diucapkan di atas meja makan ketika para tamu
memuji kedermawanan tuan rumah. Dan sebagai balasannya, orang yang mengundang
akan memuji akhlak para pemuda mereka. Alhasil, peristiwa tersebut tidak
membawa pengaruh apa pun, baik bagi Muhammad mahupun bagi sahabat-sahabat yang
ikut dalam kafilah, sehingga mereka tidak mengetahui rahsia perkataan pendeta
dan mereka tidak menyebarkan pembicaraan yang mereka dengar darinya. Peristiwa
itu tersembunyi meskipun ia sungguh sangat membingungkan Muhammad.
Apa gerangan yang terjadi antara
dirinya dan orang-orang Yahudi, sehingga pendeta perlu mengingatkan pamannya
dari ancaman mereka? Apa kedudukan yang akan dikembangnya seperti yang
diceritakan oleh pendeta itu? Dan apa hubungan semua ini dengan kesedihan-
kesedihannya yang dalam serta kebingungannya? Pertanyaan-pertanyaan tersebut
sedikit demi sedikit berputar di benaknya. Kemudian seperti biasanya kafilah
tersebut kembali ke Mekah. Muhammad kembali menuju keterasingannya. Ia
memperhatikan keadaan alam di sekitarnya. Kemudian ia melihat kembali
penderitaannya; ia berusaha untuk mendapatkan kehidupannya; ia mengabdi kepada
manusia dan mengorbankan apa saja demi kemuliaan mereka.
Hari demi hari berlalu. Muhammad saw
tampil dengan pakaian ketulusan kasih sayang, dan amanah serat cinta,
sebagaimana pelita dipenuhi oleh cahaya, sehingga kejujurannya terkenal di
tengah-tengah kaumnya. Bahkan kejujuran dan amanatnya tidak bakal diragukan
oleh seseorang pun dari penduduk Mekah. Dan ketika beliau datang dengan membawa
risalahnya dan beliau ditentang majoriti masyarakatnya, namun tak seorang pun
yang berani meragukan kejujurannya. Mereka hanya menuduh bahawa ia terkena sihir
atau kesedarannya telah hilang.
Pada tahun ketiga belas dari masa
kenabian, ketika semua kabilah sepakat untuk membunuhnya dan mengucurkan
darahnya di antara para kabilah dan mereka mengepung rumahnya, maka di saat
situasi yang sulit ini beliau menetapkan untuk berhijrah. Tetapi sebelumnya
beliau mewasiatkan kepada Ali bin Abi Thalib, anak pamannya untuk tetap tinggal
di rumahnya agar ia dapat mengembalikan amanat yang dititipkan oleh semua musuhnya
dan para sahabatnya. Ini beliau maksudkan agar Ali dapat menyerahkan amanat
tersebut di waktu pagi kepada para pemiliknya. Anda dapat melihat betapa para
musuhnya merasa aman terhadap harta mereka ketika dijaga oleh Muhammad saw.
Hari demi hari berlalu dan tahun
demi tahun pun lewat. Sementara itu, kesucian dan kejujuran Muhammad saw
semakin meningkat. Dan di tengah lautan keheningan yang mencekam, ketika
Muhammad bin Abdillah menyebarkan layar perahunya yang putih, maka ia harus
menemui hakikat azali yang bertemu dengan-nya semua nabi dan rasul. Muhammad
bin Abdillah mengetahui bahawa alam yang besar ini mempunyai Tuhan Pengatur dan
Pencipta; Tuhan yang Maha Satu dan yang tiada tuhan selain-Nya.
Muhammad dijauhkan dari suasana
kenikmatan dan foya-foya yang biasa dilakukan oleh para pemuda seusianya. Dan
ketika pemuda Mekah berbangga-bangga dengan banyaknya minuman keras yang mereka
minum dan banyaknya bait-bait syair yang mereka katakan tentang wanita, maka
Muhammad bin Abdillah telah menemukan jati dirinya di suatu gua yang tenang di
gunung yang besar. Ia memilih untuk menghabiskan waktunya di dalam keheningan
gua tersebut. Ia merenung dengan hatinya tentang keadaan alam; ia memikirkan
keagungan rahsia-rahsianya dan rahmat Penciptanya serta kebesaran-Nya.
Pada tahun yang kedua puluh lima,
beliau mengenal Ummul Mu'minin, isterinya yang pertama, yaitu Khadijah binti
Khuwailid yang saat itu berusia empat puluh tahun. Khadijah adalah wanita yang
mulia dan mempunyai cukup harta. Ia berdagang dan suaminya telah meninggal.
Banyak orang yang mendekatinya dengan alasan untuk mendapatkan kekayaannya.
Khadijah mencari seseorang laki-laki yang dapat membawa harta dagangannya
menuju Syam, lalu Khadijah mendengar berita yang cukup banyak berkenaan dengan
kejujuran dan amanat serta kesucian Muhammad bin Abdilah. Akhirnya, Khadijah
mengutus Muhammad saw untuk membawa barang dagangannya. Muhammad saw pergi
dalam perjalanannya yang kedua ke Syam saat beliau berusia dua puluh lima
tahun. Allah SWT memberkati perjalanannya di mana beliau kembali dengan membawa
keuntungan yang berlipat ganda yang diserahkannya kepada Khadijah. Muhammad saw
tidak peduli dengan harta Khadijah dan tidak peduli kepada kecantikannya;
Muhammad saw hanya memandang kemuliaan yang dipegangnya. Kemudian Khadijah
merasakan getaran cinta terhadap Muhammad saw. Dan Akhirnya, ia mengutarakan
keinginan untuk menikah dengannya, hingga Muhammad saw pun setuju.
Paman Muhammad saw, Abu Thalib
berdiri dan menyampaikan khutbah pada saat perayaan perkawinannya: Muhammad saw
tidak dapat dibandingkan dengan seorang pun dari kaum Quraisy kerana ia adalah
seorang yang mulia, baik dari sisi akal mahupun rohani. Meskipun ia seorang
yang fakir namun harta adalah naungan yang akan hilang dan benda yang bersifat
sementara.
Setelah menikah, Muhammad saw justru
mendapatkan kesempatan yang lebih besar untuk merenung dan menyendiri serta
beribadah. Kemudian kehidupan yang dijalaninya justru meningkatkan
kemuliaannya, sehingga keutamaannya tersebar di sana sini. Beliau tidak pernah
terlibat dalam pergelutan yang keras untuk memperebutkan materi-materi dunia.
Beliau selalu menggunakan akal sehatnya daripada terlibat dalam kesesatan
mereka dan kegelapan berhala yang menyelimuti banyak orang pada saat itu.
Kemudian usianya kini mendekati empat puluh tahun.
Setelah merasakan kesunyian di
tengah-tengah masyarakat, beliau lebih memilih untuk menjauh dari mereka.
Beliau mencari-cari hakikat, sehingga Allah SWT membimbingnya untuk menyendiri
di gua Hira. Akhirnya, beliau dapat keluar dari Mekah. Beliau berjalan beberapa
mil. Kemudian beliau mulai mendaki dan mendaki. Setiap kali ia mendaki gunung,
maka tempat itu semakin luas. Udara tampak lembut dan tersingkaplah hijab, dan
pandangan semakin terbentang. Kemudian beliau memasuki gua. Keheningan
menyelimuti segala sesuatu, namun hati tetap sadar dan tidak ada sesuatu yang
dapat menghalang-halangi pandangan internal yang dalam. Dalam suasana kesunyian
terkadang lahirlah pemikiran-pemikiran yang cemerlang yang kemudian menyebarkan
sayap-sayapnya dan membumbung, pertama-tama di atas angkasa gua lalu tersebar
menuju ke tempat yang lebih luas. Tidak ada sesuatu pun yang membatasinya atau
mengekang kebebasannya.
Kita tidak mengetahui
fikiran-fikiran apa yang terlintas pada manusia termulia dan terbesar di atas
bumi itu saat beliau duduk di gua Hira beberapa bulan. Apa yang beliau fikirkan
dan apa gerangan yang beliau risaukan? Mimpi apa yang ada di benaknya dan
perasaan-perasaan apa yang lahir dalam hatinya? Bagaimana keadaan batu-batu
yang ada di sisinya? Apakah atom-atom batu yang berputar di sekelilingnya
menyahuti tasbihnya yang diam, seperti atom-atom batu yang bersahut- sahutan
bersama Daud saat ia membaca kitabnya Zabur.
Kami tidak mengetahui secara pasti
bentuk kelahiran yang terjadi dalam dirinya. Yang kita ketahui adalah bahawa
beliau tidak berfikir tentang kenabian dan beliau tidak berfikir untuk
memberikan petunjuk kepada manusia; beliau tidak melakukan praktik-praktik
sufisme kerana beliau sudah menjadi seorang sufi sebelum diutus di
tengah-tengah manusia. Kemudian Allah SWT memilihnya sebagai Nabi lalu beliau
meninggalkan uzlahnya dan turun ke medan serta membawa senjata. Beliau
mempertahankan kebenaran, sehingga beliau bertemu dengan Tuhannya. Mula-mula
lahirlah tasawuf dan setelahnya lahirlah jihad di jalan Allah SWT. Tasawuf
bukanlah puncak atau hasil
sebagaimana diyakini oleh manusia sekarang, tetapi ia adalah permulaan jalan
yang panjang di mana pada akhirnya yang bersangkutan menggunakan senjata
sebagai bentuk usaha untuk membela manusia dan kehormatannya.
Pada suatu hari beliau duduk di gua
Hira dan tiba-tiba beliau dikejutkan dengan kedatangan Jibril yang berdiri di
depan pintu gua. Malaikat tersebut memeluknya erat-erat lalu memerintahkannya
untuk membaca sambil berkata: "Bacalah!" Muhammad bin Abdillah
menjawab: "Aku tidak mampu membaca." Beliau ingin mengatakan bahawa
beliau tidak mengenal bacaan dan tulisan. Kalau begitu, apa yang harus beliau
baca? Malaikat kembali memeluknya dengan kuat sehingga Rasulullah saw
menganggap bahawa ia meninggal. Kemudian malaikat melepasnya dan
memerintahkannya untuk membaca. Beliau kembali menjawab: "Aku tidak bisa
membaca." Malaikat yang mulia kembali memeluknya dan kembali memerintahkan
untuk membaca. Dan lagi-lagi Rasulullah saw menjawab dengan gementar: "Apa
yang aku baca?" Kemudian Jibril membaca permulaan ayat-ayat yang turun
kepada beliau:
"Bacalah dengan (menyebut) nama
Tuhanmu Yang menciptakan, Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah.
Bacalah dan Tuhanmu lah Yang Paling Pemurah. Yang mengajar (manusia) dengan
perantaraan kalam. Dia mengajarkan kepada manusia apa yang tidak
diketahuinya." (QS. al-'Alaq: 1-5)
Setelah peristiwa itu, Jibril
menghilang secara tiba-tiba sebagaimana ia muncul secara tiba-tiba. Rasulullah
saw merasakan dalam dirinya kejadian yang luar biasa yang pernah dirasakan oleh
Nabi Musa saat beliau mendengar panggilan-panggilan suci di lembah Thuwa.
Sebagaimana Nabi Musa lari ketakutan, maka Muhammad bin Abdillah pun segera
menuju ke rumahnya dalam keadaan ketakutan. Ia turun ke gunung dan kembali ke
rumahnya dan kembali ke isterinya. Tubuhnya yang mulia bergetar dengan keras
dan beliau merasakan ketakutan dan kegelisahan.
Apakah beliau kali ini berhubungan
dengan jin atau alam perdukunan? Apakah beliau telah mengigau sehingga beliau
mendengar suara-suara dan melihat wajah-wajah yang belum pernah dilihatnya?
Rasulullah saw mengkhuatirkan dirinya kerana beliau sangat benci kepada
perdukunan. Beliau memasuki rumahnya dengan keadaan gementar. Beliau berkata
kepada isterinya: "Selimutilah aku, selimutilah aku!" Kemudian
isterinya segera menyelimuti dengan selimut dari wol dan mengusap keringat yang
berada di keningnya. Isterinya dikejutkan dengan kepucatan wajah beliau yang
mulia dan kegementaran tubuhnya.
Khadijah bertanya kepadanya:
"Apa yang sedang terjadi?" Kemudian Muhammad saw menceritakan secara
terperinci apa yang dialaminya. Kemudian ia berkata: "Sungguh aku khawatir
terhadap diriku." Khadijah mengetahui bahawa ia sekarang berhadapan dengan
masalah yang serius, suatu berita gembira yang ia tidak mengetahui hakikatnya,
suatu berita gembira yang seharusnya tidak dihadapi Muhammad saw dengan
kekhuatiran dan kegelisahan.
Khadijah berkata dengan maksud untuk
meredakan ketakutannya: "Tenanglah. Demi Allah, Allah SWT tidak akan
menghinakanmu selama- lamanya. Sungguh engkau adalah seorang yang baik, yang
menyambung tali silaturahmi, yang berbicara dengan jujur, dan yang menghormati
tamu."
Meskipun kalimat-kalimat tersebut
penuh dengan kedamaian dan kesejukan, tetapi kegelisahan Rasul saw juga belum
hilang. Kemudian Khadijah pergi bersama beliau ke rumah Waraqah bin Nofel,
yaitu anak dari paman Khadijah. Waraqah adalah seorang Nasrani dan dia mampu
menulis kitab dalam bahasa Ibrani dan ia cukup mengetahui kitab-kitab Taurat
dan Injil di mana matanya telah buta kerana masa tua.
Khadijah berkata kepadanya:
"Wahai putera pamanku, dengarlah dari anak saudaramu." Waraqah
berkata: "Wahai anak saudaraku, apa yang engkau lihat?" Rasulullah
saw menceritakan apa yang dialaminya secara sempurna. Waraqah berkata sambil
mengangkat kepalanya yang tampak kehairanan: "Itu adalah Namus (Jibril)
yang Allah SWT turunkan kepada Musa." Sebagai seorang yang mengerti,
Waraqah bin Nofel mengetahui bahawa ia berada di hadapan seorang Nabi yang
berita gembiranya disampaikan oleh Taurat dan Injil.
Setelah keheningan sesaat, Waraqah
berkata: "Seandainya aku masih hidup ketika kaummu mengeluarkanmu dan
mengusirmu." Rasulullah saw bertanya: "Mengapa aku harus diusir oleh
mereka?'' Waraqah menjawab: "Benar, tidak ada seorang pun yang akan datang
seperti dirimu kecuali engkau akan mengalami penderitaan dan pengusiran.
Seandainya aku hadir di saat itu nescaya aku akan menolongmu."
Demikianlah, akhirnya Islam pun
dikembangkan. Kehendak Allah SWT terlaksana dan Allah SWT telah memilih Nabi
yang terakhir di muka bumi dan orang Muslim yang pertama. Barangkali pembaca
akan bertanya: Apa hakikat dari Islam? Apabila Muhammad saw sebagai Nabi yang
terakhir yang diutus oleh Allah SWT di muka bumi dan kita mengetahui bahawa
para nabi semuanya sebagai Muslim, maka bagaimana beliau dapat dikatakan
mendahului mereka dalam keislaman dan menjadi orang Muslim yang pertama?
Islam yang dibawa oleh Muhammad saw
tidak berbeza dalam esensinya dengan Islam yang dibawa oleh Nabi Nuh, Nabi
Musa, Nabi Isa atau nabi yang lain, tetapi yang berbeza adalah bentuknya,
sedangkan esensinya tetap seperti semula, yakni berdasarkan tauhid. Islam yang
dibawa oleh Nabi Muhammad saw berbeza dalam bentuknya dengan Islam yang dibawa
nabi-nabi sebelumnya kerana sebab yang penting, yakni bahawa Islam ini
merupakan ajaran yang universal dan berisi aspek kemanusiaan yang abadi. Islam
tidak terbatas atas orang-orang Arab tetapi ia berlaku atas semua golongan.
Islam yang dibawa oleh Nabi Muhammad saw tidak terbatas untuk kabilah tertentu
atau bangsa tertentu atau bumi tertentu atau lingkungan tertentu atau zaman
tertentu, tetapi ia untuk semua manusia. Atau dengan kata lain, ia merupakan
ajakan untuk membangkitkan akal manusia di mana saja mereka berada tanpa ada
batasan tempat atau waktu.
Universalitas ajaran Islam tidak
dikenal pada risalah-risalah Ilahi sebelumnya di mana setiap risalah itu
diperuntukkan bagi bangsa tertentu dan zaman tertentu. Oleh kerana itu,
mukjizat-mukjizat yang mengagumkan yang bersifat sementara seringkali mendukung
risalah- risalah yang dahulu. Ketika Islam datang sebagai bentuk ajakan untuk
menghidupkan akal manusia secara bebas, maka di sana tidak ada alasan untuk
membawa mukjizat yang mengagumkan. Hanya ada satu kata yang dapat dijadikan
pembuka untuk berdakwah dan membuka akal manusia, yaitu kata "iqra"'
(bacalah). Dan hendaklah bacaan ini berdasarkan nama Allah SWT. Dengan nama
Tuhanmu yang menciptakan. Dia menciptakan manusia dari segumpal darah. Cuba
Anda
renungkan permulaan pertumbuhan dan
puncak pencapaian. Di sini tersembunyi mukjizat yang hakiki jika Anda berusaha
mencari mukjizat yang hakiki.
Bacalah, dan Tuhanmu Yang Maha
Mulia, yang memberikan nikmat penciptaan dan rezeki serta rahmat dan
kelembutan. Dia Maha Mulia yang mengajarkan manusia apa saja yang tidak
diketahuinya. Demikianlah esensi dari Islam, yaitu ajakan untuk membaca. Ia
adalah dakwah yang menunjukkan kedudukan ilmu. Allah SWT berfirman:
"Sesungguhnya yang takut kepada
Allah di antara hamba-hamba-Nya hanyalah orang-orang yang berilmu
(ulama)." (QS. Fathir: 28)
Takut kepada Allah SWT tidak akan
muncul kecuali berdasarkan ilmu. Mustahil kebodohan dengan bentuk apa pun akan
melahirkan rasa takut. Oleh kerana itu, dalam pandangan Islam ilmu adalah hal
yang pokok. Ia bukan kemewahan dan bukan hanya perhiasan. Kaum Muslim telah
mengalami masa kemuliaan dan kejayaan dan mereka berhasil menguasai bumi ketika
mereka memahami Islam secara benar, tetapi ketika pemahaman ini jauh dari
mereka, maka mereka kembali dalam keadaan yang paling buruk, bahkan lebih buruk
daripada masa jahiliah.
Jadi, ilmu dalam Islam merupakan
tujuan yang mulia dan utama dalam penciptaan alam wujud. Kisah Nabi Adam dan
Hawa, sebagaimana diceritakan oleh Al-Quran adalah bukan semata-mata kisah
kesalahan memakan pohon terlarang, tetapi ia juga kisah yang memiliki dimensi-
dimensi yang dalam dan aspek-aspek yang beraneka ragam. Ketika Anda menyelami
kedalamannya, maka Anda akan dapat menemukan simbol- simbol dari makna-makna
yang lebih penting.
Dialog internal yang dialami oleh
para malaikat tentang rahsia pemilihan Nabi Adam untuk memakmurkan bumi dan
menjadi khalifah di dalamnya serta pengajaran yang diperoleh Nabi Adam tentang
nama-nama semuanya dan bagaimana beliau mengemukakan nama-nama tersebut kepada
para malaikat, serta ketidaktahuan mereka tentang nama-nama itu, kemudian usaha
Nabi Adam untuk memberitahu mereka tentang apa yang diketahuinya serta
pengetahuan para malaikat tentang rahsia pemilihan Nabi Adam dan para
keturunannya untuk memakmurkan bumi, semua ini menjadikan tujuan dari
penciptaan manusia adalah pencapaian ilmu atau ma'rifah secara umum. Pandangan
tersebut dikuatkan oleh firman Allah SWT:
"Dan Aku tidak menciptakan
jin dan manusia kecuali untuk menyembah-(Ku)." (QS. adz-Dzariat: 56)
Lalu bagaimana kita memahaminya saat
ini dan bagaimana generasi yang pertama dari kaum Muslim dan dari
sahabat-sahabat Rasul saw dan para pengikutnya dan para tenteranya memahaminya?
Saat ini kita memahaminya dengan pemahaman yang sederhana. Kita mengetahui
bahawa kalimat "untuk menyembah-Ku " bererti ritual dalam beribadah dan
aspek-aspek lahiriahnya, seperti mengucapkan kalimat syahadat, solat, puasa,
haji, zakat dan lain-lain. Sehingga orang-orang yang solat diperbolehkan untuk
menyembah Allah SWT di negeri mereka atau di rumah-rumah mereka, meskipun
mereka hidup di bawah pemikiran orang-orang Barat dan membeli produk-produk
yang dibuat mereka serta memanfaatkan ilmu dan kecanggihan teknologi
orang-orang Barat. Namun mereka sendiri tidak menghasilkan apa-apa. Mereka
tidak dapat memberikan kontribusi kepada kehidupan; mereka tak ubah-nya seperti
bulu yang dimainkan oleh ombak. Sedangkan pemahaman yang dahulu berkaitan
dengan kalimat tersebut sebagai berikut:
"Dan Aku tidak menciptakan jin
dan manusia kecuali untuk menyembah-(Ku). " (QS. adz-Dzariat: 56)
Ibnu Abbas membacanya: "Illa
liya'rifuun." (Agar mereka mengetahui). Perhatikanlah bagaimana pentingnya
perbezaan antara praktek-praktek ibadah dengan bentuk-bentuknya dan
kedalamannya yang jauh dalam ma'rifah yang menyebabkan rasa takut kepada Allah
SWT. Orang Muslim yang pertama meyakini bahawa Allah SWT menciptakannya agar ia
mengetahui Allah SWT atau agar ia mengenal Allah SWT. Sehingga ambisi orang
Muslim yang pertama sangat mengagumkan. Mereka pergi untuk membebaskan dunia
semuanya: satu tangan berpegangan dengan Al- Quran dan tangan yang lain
memegang pedang untuk menghancurkan belenggu-belenggu yang menyeret manusia
kepada kesesatan.
Kemudian jatuhlah dari Islam hakikat
ilmu, sehingga umat Islam tidak dapat memimpin kehidupan dan mereka justru
mendapatkan kehinaan. Allah SWT berfirman:
"Allah menyatakan bahawasanya
tidak ada Tuhan melainkan Dia, Yang menegakkan keadilan. Para malaikat dan
orang-orang yang berilmu (juga menyatakan yang demikian itu). Tak ada Tuhan
melainkan Dia, Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana. Sesungguhnya agama yang
diridhai di sisi Allah hanyalah Islam." (QS. Ali 'Imran: 18)
Setelah kesaksian kepada Allah swt
dan kesaksian kepada malaikat, maka disebutlah secara langsung kesaksian kepada
orang-orang yang berilmu. Maka, adakah penghormatan terhadap ilmu yang lebih
besar daripada penghormatan ini? Ilmu dalam Islam berbeza dengan ilmu dalam
peradaban Barat. Memang benar bahawa Islam yang bertanggungjawab terhadap
tumbuhnya pandangan ilmiah dan metode eksperimental di mana berdasarkan metode
ini tegaklah peradaban Barat yang kemudian melahirkan berbagai produksi,
pembuatan, dan penemuan. Dan metode eksperimental adalah metode al-Istiqra,
yaitu suatu metode yang mengikuti bahagian-bahagian terkecil (parsial) melalui
jalan eksperimen yang dapat tunduk terhadap eksperimen dan melalui jalan
memperhatikan hal-hal yang tidak dapat tunduk terhadap suatu eksperimen, atau
melalui jalan matematis murni yang membutuhkan kepada matematis murni di mana
hal itu bertujuan untuk menyingkap hukum-hukum yang menguasai benda. Sistem ini
bidangnya adalah alam dan alatnya adalah panca indera dan akal. Sistem ini
dimanfaatkan oleh seorang Eropa yang bernama Roger Bikun. Ia mengakui bahawa ia
sangat berhutang kepada kaum Muslim dan peradaban
Islam.
Seorang guru yang bernama Bruicll
dalam bukunya Abna' al-Insaniah menceritakan tentang dasar-dasar peradaban
Barat di mana ia berkata: "Roger Bikun mempelajari bahasa Arab dan
ilmu-ilmu Arab di sekolah Oxford kepada guru-gurunya yang berasal dari Arab di
Andalus. Dan Roger Bikun dan Fenessis Bikun tidak dapat menisbatkan keutamaan
yang mereka peroleh dalam menciptakan sistem eksperimental kepada diri mereka
sendiri. Roger Bikun hanya seorang duta dari duta-duta ilmu. Oleh kerana itu,
ia tidak malu ketika menyatakan bahawa mempelajari bahasa Arab dan ilmu-ilmu
Arab adalah jalan satu-satunya untuk mengetahui kebenaran."
Demikianlah pernyataan pakar-pakar
Barat yang jujur. Yang demikian ini bisa dijadikan sanggahan terhadap
orang-orang Barat yang tidak jujur agar mereka mengetahui bahawa mereka
sebenarnya mengambil senjata yang sebenarnya berasal dari Islam. Dan jika
dikatakan bahawa rahsia kebangkitan Barat saat ini dan keunggulannya atas Timur
kembali kepada pengambilannya terhadap sebab-sebab metode eksperimental, yaitu
metode Islam, maka rahsia kehancuran Barat dan kebingungannya serta
kegelisahannya adalah kerana mereka tidak menghubungkan metode tersebut dengan
kebesaran Allah SWT sebagaimana semestinya. Metode eksperimen-tal - sebagaimana
diambil orang-orang Barat - dimulai dari alam dan berakhir kepadanya sebagai
sesuatu tujuan. Jadi, ruang lingkup pembahasan mereka adalah berkisar kepada
materi, dan alat-alat pembahasan adalah eksperimen dan pengamatan serta
istiqra.
Tiada setelah alam kecuali kematian
dan kematian adalah rahsia yang misteri dan melawannya adalah hal yang
mustahil. Kita tidak mengetahui apa yang terjadi setelah kematian; kita tidak
mengetahui sesuatu pun tentang roh. Tidak ada hubungan antara ilmu dan akhlak;
tidak ada jawapan dari ilmu tentang tujuan kehidupan ini. Kita hanya
mempelajari aspek-aspek lahiriah dan mencapai hukum-hukumnya saja. Demikianlah
pandangan Barat tentang ilmu di mana ia hanya sekadar alat dan sarana untuk
mengatur alam dan berusaha menguasainya. Sedangkan metode ilmiah dalam Islam menyatakan
bahawa gerakan atom dengan gerakan sistem tata suria di bawah kendali Zat Yang
Maha Tahu dan Zat Yang Maha Pencipta. Ilmu dalam Islam justru membimbing
manusia untuk menuju Allah SWT:
"Dan bahawasanya kepada Tuhanmu
lah kesudahan (segala sesuatu). " (QS. an-Najm: 42)
Ilmu justru menghantarkan manusia
untuk mencapai rasa takut kepada Allah SWT sebagaimana membimbingnya beribadah
kepadanya dan mencintai-Nya:
"Sesungguhnya yang takut kepada
Allah di antara hamba-hamba-Nya hanyalah orang-orang yang berilmu
(ulama)." (QS. Fathir: 28)
Islam datang dan mengajak manusia
untuk membaca, mengetahui, dan takut kepada Allah SWT serta hanya beribadah
kepadanya. Jika ilmu merupakan sayap pertama di dalam Islam, maka sayap yang
kedua adalah kebebasan. Rasulullah saw memberitahu dan menyatakan bahawa tidak
ada Tuhan selain Allah SWT dan tidak ada sembahan selain Allah SWT.
Seruan ini mengisyaratkan keruntuhan
tuhan-tuhan yang mengusai bumi semuanya, baik tuhan yang berupa
kepentingan-kepentingan peribadi, kekayaan, raja, penguasa, pemikiran-pemikiran
yang mengusai manusia, warisan para datuk dan nenek, berhala-berhala yang
terbuat dari batu dan kayu, mahupun berbagai macam tuhan lain yang bohong.
Adalah salah jika seseorang membayangkan bahawa kalimat "tiada Tuhan
selain Allah" hanya sekadar hiasan mulut seorang Muslim di mana segala
sesuatu yang ada di sekitarnya penuh dengan kebohongan dan tidak membenarkan
apa yang dikatakannya. Kalimat tersebut dalam Islam merupakan pergelutan besar
bersama kegelapan yang ada pada diri manusia, suatu pergelutan yang berakhir
pada penyerahan diri; pergelutan yang akan berpindah pada kehidupan yang lebih
berat, sehingga kehidupan akan berserah diri. Dan mustahil pergelutan itu akan
terjadi kecuali jika terpenuhi suatu kebebasan: kebebasan akal untuk meragukan
dan menolak dan kebebasan yang berakhir kepada pencapaian batas-batasnya dan
kemampuannya serta kebebasan yang meninggi untuk mencapai keimanan yang dalam
dan kukuh. Itu adalah tanggung jawab yang berarti bahawa ia harus memikul
senjata untuk membebaskan orang lain sebagaimana ia membebaskan dirinya
sendiri. Demikianlah esensi dari Islam, yaitu ilmu yang berdiri di atas
kebebasan dan tanggung jawab yang tumbuh dari kebebasan, dan buah terakhirnya
adalah tauhid dalam kedalamannya yang jauh.
Jika tauhid difahami secara benar,
maka manusia akan terbebas dari penyembahan selain Allah SWT: manusia akan
bebas terhadap rasa takut dari kematian, kekhuatiran atas rezeki, manusia akan
terbebas dari sikap bakhil dan ketakutan terhadap hari-hari yang akan datang.
Muhammad bin Abdillah datang untuk
menyerukan bahawa hanya Allah SWT yang patut disembah dan bahawa semua manusia
adalah hamba- hamba-Nya. Dengan membebaskan manusia dari menyembah sesama
mereka, maka kebebasan yang hakiki telah dimulai. Rasulullah saw memberitahu
bahawa kematian adalah perpindahan dari satu rumah ke rumah yang lain. Ia bukan
akhiran yang misteri dari kehidupan yang tidak dapat difahami, tetapi ia hanya
sekadar perpindahan. Takut kepada kematian tidak akan menyelamatkan dari
kematian itu sendiri, dan cinta kepada kehidupan tidak akan memanjangkan ajal.
Pada setiap ajal ada ketentuannya. Maka keberanian merupakan unsur dari
unsur-unsur pembentukan keperibadian Islam dan bahagian dari bahagian-bahagian
sel yang ada dalam tubuh seorang Muslim.
Rasulullah saw juga menyatakan
bahawa rezeki di dunia sudah dijamin dan ditentukan oleh Allah SWT:
"Dan tidak ada suatu binatang
melata pun di bumi melainkan Allah- lah yang memberi rezekinya. " (QS.
Hud: 6)
Jibril mewahyukan kepada Rasul saw
bahawa suatu jiwa tidak akan memenuhi ajalnya sehingga rezekinya disempurnakan.
Jika demikian halnya, maka tidak ada alasan bagi manusia untuk khawatir terhadap
rasa lapar dan gelisah terhadap hari esok. Semua ini terjadi dalam ruang
lingkup mengambil atau melalui jalan-jalan menuju sebab. Yakni berusaha untuk
mencapai rezeki yang merupakan kewajipan bagi orang Muslim dan percaya terhadap
kedermawan Allah SWT yang juga merupakan suatu kewajipan bagi orang Muslim
untuk mempercayainya. Allah SWT berfirman:
"Dan di langit terdapat
(sebab-sebab) rezekimu dan terdapat (pula) apa yang dijanjikan kepadamu. "
(QS. adz-Dzariat: 22)
Allah SWT telah menjamin rezeki di
dunia dan memerintahkan manusia untuk berusaha mencapai rezeki di akhirat.
Rezeki di dunia adalah sesuatu yang sudah dijamin, sehingga manusia tidak perlu
melakukan usaha yang terlalu sengit untuk mencapainya. Cukup baginya untuk
berusaha secara benar dan seimbang. Sedangkan berkenaan dengan rezeki akhirat,
Allah SWT memerintahkan manusia untuk berusaha mencapainya kerana ia adalah
rezeki yang Allah SWT tidak menjaminnya kecuali jika manusia berhasil melampaui
dua jihad: jihad yang besar dan jihad yang kecil. Jihad besar adalah jihad
melawan hawa nafsu dan jihad kecil adalah jihad melawan musuh di medan perang.
Dengan terbebasnya seorang Muslim
dari kerisauan pada kematian, rezeki, dan rasa takut, maka Islam memberi
seorang Muslim senjatanya dan alat-alatnya dan ia memerintahkannya untuk mulai
memerangi kekuatan-kekuatan kelaliman di muka bumi. Allah SWT berfirman tentang
umat Islam:
"Kamu adalah umat yang terbaik
yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang makruf, dan mencegah dari
yang mungkar, dan beriman kepada Allah." (QS. Ali 'Imran: 110)
Perhatikanlah, bagaimana Allah SWT
menyebutkan amal makruf nahi mungkar sebelum keimanan kepada Allah SWT. Ini
dimaksudkan agar akal manusia tergugah akan pentingnya jihad di jalan Allah
SWT. Amal makruf dan nahi mungkar tidak terwujud semata-mata dengan memegang
tongkat dan mencambukannya kepada punggung orang-orang Islam yang tidak solat;
ia juga tidak berupa usaha untuk menahan orang-orang Muslim yang tidak
berpuasa. Masalah itu lebih penting dan lebih besar dari sekadar memperhatikan
hal-hal yang bersifat lahiriah, sedangkan hal-hal yang bersifat batiniah tidak
diperhatikan.
Ayat tersebut berarti, hendaklah
seorang Muslim membawa senjata dan berdakwah di jalan Allah SWT serta memerangi
orang-orang lalim di muka bumi. Abu Bakar berkata: "Wahai manusia, kalian
membaca ayat berikut ini:"
"Hai orang-orang yang beriman,
jagalah dirimu. Tiadalah orang yang sesat itu akan memberi mudarat kepadamu
apabila kamu telah mendapat petunjuk," (QS. al-Maidah: 105)
Dan aku mendengar Rasulullah saw
bersabda: "Sesungguhnya ketika masyarakat melihat orang yang lalim dan
mereka tidak menghentikannya, maka Allah SWT akan menimpakan azab kepada mereka
semua."
Penafsiran Abu Bakar terhadap ayat
tersebut sangat jelas ertinya. Yakni bahawa pelaksanaan ayat tersebut dapat
diwujudkan dengan adanya jihad di jalan Allah SWT dengan mengangkat senjata
sebagai usaha untuk menghentikan orang-orang yang lalim. Setelah itu, seorang
Muslim dapat mengatakan: "Aku telah melaksanakan tugasku dan tidak akan
berdampak kepadaku orang yang sesat setelah aku memberikan petunjuk."
Demikianlah pemahaman orang-orang
Islam yang pertama. Maka bandingkanlah pemahaman tersebut dengan pemahaman kita
saat ini di mana kita telah kehilangan keberanian, dan rasa takut telah
menghinggapi tubuh orang-orang Islam. Kaum Muslim lebih mengutamakan
keselamatan diri mereka daripada memerangi orang- orang yang lalim.
Muhammad bin Abdillah datang dengan
membawa risalah Islam yang di dalamnya terdapat perintah Ilahi untuk memerangi
orang-orang yang lalim dan mempertahankan kehormatan orang-orang yang tertindas
di muka bumi. Allah SWT berfirman:
"kerana itu, hendaklah
orang-orang yang menukar kehidupan dunia dengan kehidupan akhirat berperang di
jalan Allah. Barang siapa yang berperang di jalan Allah, lalu gugur atau
memperoleh kemenangan, maka kelak akan Kami berikan kepadanya pahala yang
besar. Mengapa kamu tidak mau berperang dijalan Allah dan (membela) orang-orang
yang lemah baik laki-laki, wanita-wanita mahupun anak- anak yang semuanya
berdoa: 'Ya Tuhan kami, keluarkanlah kami dari negeri ini yang lalim
penduduknya dan berilah kami pelindung dari sisi-Mu, dan berilah kami penolong
dari sisi-Mu. " (QS. an-Nisa': 74-75)
Muhammad bin Abdillah membacakan
kepada kaumnya tentang penafsiran Allah SWT berkenaan dengan makna kejayaan
yang besar:
"Sesungguhnya Allah telah
membeli dari orang-orang mukmin diri dan harta mereka dengan memberikan syurga
untuk mereka. Mereka berperang di jalan Allah, lalu mereka membunuh atau
terbunuh. (Itu telah menjadi) janji yang benar dari Allah di dalam Taurat,
Injil, dan Al-Quran. Dan siapakah yang lebih menepati janjinya (selain)
daripada Allah?, maka bergembiralah dengan jual beli yang telah kamu lakukan
itu, dan itulah kemenangan yang besar." (QS. at- Taubah: 111)
Bacalah ayat tersebut dua kali dan
renungkanlah tentang kedermawan Allah SWT. Betapa tidak, Dia membeli jiwa
orang-orang mukmin dan harta mereka, padahal jiwa tersebut dan harta tersebut
pada hakikatnya adalah milik-Nya sendiri. Lihatlah bagaimana kemuliaan Allah
SWT di mana Dia membeli harta milik-Nya yang khusus dengan syurga dan bagaimana
Allah SWT menganjurkan orang-orang Islam untuk berperang, dan Dia memberitahu
mereka bahawa urusan memerangi orang-orang lalim dan orang-orang yang tersesat
bukanlah hal yang baru atas orang- orang Islam. Allah SWT telah memerintahkan
hal tersebut dalam Injil dan Taurat. Sebagaimana
Nabi Isa diutus dengan pedang,
seperti yang disebutkan dalam lembaran- lembaran atau buku-buku orang-orang
Nasrani, maka Nabi Musa pun diutus dengan membawa pedang. Dan ketika Bani
Israil berkata kepada Nabi Musa, "pergilah engkau bersama Tuhanmu dan
berperanglah, dan kami hanya di sini duduk-duduk saja,", maka kehendak
Ilahi menetapkan agar mereka mendapatkan kesesatan selama empat puluh tahun
sebagai akibat dari perbuatan mereka itu, agar generasi yang lemah dan hina itu
hancur yang mereka justru tidak memenuhi panggilan Allah SWT dan mereka
membiarkan Nabi Musa bersama Tuhannya berperang, padahal peperangan itu
merupakan tanggung jawab mereka dan tugas mereka yang harus mereka emban
sebagai pengikut Nabi Musa.
Demikianlah esensi dari ajaran Islam
sebagaimana yang dibawa oleh Muhammad bin Abdillah. Yakni ajakan untuk membaca
dan menggali ilmu serta mendapatkan kebebasan dan yang terpenting adalah usaha
melawan kekuatan-kekuatan lalim. Suatu ajakan yang universal yang tidak
dikhususkan untuk kalangan tertentu atau untuk warna kulit tertentu atau untuk
kaum tertentu atau untuk tempat tertentu; suatu ajakan kemanusiaan yang
komprehensif yang universal yang ingin mengikat ilmu dan kebebasan dan jihad
dengan tujuan yang lebih tinggi, yaitu mencapai tauhid kepada Allah SWT dan
menyucikan-Nya serta keimanan terhadap hari kemudian dan kebangkitan manusia
semuanya di hadapan Allah SWT.
Adalah salah jika ada orang yang
menganggap bahawa Islam hanya memperhatikan aspek akhirat dan melupakan aspek
duniawi. Menurut Islam dunia adalah lembar-lembar jawapan yang akan di koreksi
di hari akhir. Ia adalah ujian dan tempat percubaan bagi manusia agar manusia
mengetahui apakah ia layak untuk mendapatkan kemuliaan dari Allah SWT yang
telah diberikan kepada Adam. Atau apakah ia justru layak untuk jadi bahagian
dari tanah neraka Jahim dan batunya, sebagaimana firman Allah SWT:
"Yang bahan bakarnya manusia
dan batu. " (QS. al-Baqarah: 24)
Rasulullah saw telah menjelaskan
hikmah dari penciptaan manusia, penciptaan kehidupan dan kematian ketika beliau
menyampaikan firman Allah SWT dalam surah al-Mulk:
"Yang menjadikan mati dan
hidup, supaya Dia menguji kamu, siapa di antara kamu yang lebih baik amalnya.
" (QS. al-Mulk: 2)
Dunia adalah rumah pergelutan. Dan
Allah SWT telah menciptakan kehidupan dan kematian agar manusia menyedari siapa
di antara mereka yang terbaik amalnya. Tentu pengetahuan ini tidak akan
menambah kekuasaan Allah SWT. Pengetahuan itu justru dibutuhkan oleh manusia.
Allah SWT menciptakan manusia agar manusia mengetahui, dan pengetahuan yang
paling penting adalah pengetahuan atau pengenalan terhadap diri. Dan pada hari
kiamat manusia akan mengenal dirinya secara sempurna dan ia akan mengenal
balasan yang akan di terimanya secara sempurna.
Dan barangkali mukadimah yang kami
sarikan dari hari akhir ini mengharuskan kehidupan di atas bumi dipenuhi dengan
kesucian dan kebersihan, yaitu diliputi dengan kemanusiaan yang sempurna yang
di dalamnya manusia layak untuk hidup. Demikianlah Islam yang dibawa oleh
Muhammad saw. Inilah asasnya dan hakikatnya. Itu adalah pondasi dan hakikat
yang tidak diciptakan oleh Muhammad saw dan tak didahului oleh rasul-rasul
sebelumnya. Hakikat risalah-risalah yang dulu semuanya adalah tauhid dan
mempertahankan kebenaran serta keimanan terhadap hari akhir dan menyerahkan
jiwa dan anggota tubuh hanya kepada Allah SWT. Yang baru dalam Islam adalah
ilmu, kebebasan dan universalitas ajaran Islam serta warna keadilan yang sangat
kental, sehingga sangat tepat jika dikatakan bahawa karakter dari Islam adalah
keadilan. Barangkali bahagian ini perlu diperhatikan.
Meskipun agama-agama samawi pada
esensinya satu, tetapi kehendak Allah menuntut turunnya lebih dari agama dan
lebih dari satu nabi. Kehendak tersebut menuntut agar pada setiap agama
terdapat karakter yang khusus yang menggambarkan bentuk yang paling tepat
sesuai dengan kebutuhan utama yang di situ agama itu diturunkan dan sesuai
dengan waktu saat itu. Orang-orang Yahudi misalnya, mereka hidup di
tengah-tengah suasana penyembahan berhala di kalangan orang-orang Mesir kuno.
Yahudisme diturunkan pada Bani Israil yang suka membangkang dan kerana itu,
karakter utamanya adalah ketegasan (as- Sharamah) agar mereka tidak terpengaruh
dengan fenomena berhalaisme ala Mesir atau mereka terkena pengaruh dari
tindakan semena-mena Fir'aun. Dengan ketegasan inilah agama Yahudi selamat dan
dapat menjadi risalah penyelamatan dan pembebasan.
Namun Bani Israil yang memperbudak
manusia dan mempunyai hati yang keras pada saat yang sama mereka keluar dari
Fir'aun untuk masuk ke cengkaman orang-orang Romawi di mana orang-orang Romawi
justru lebih lalim dan lebih kuat dari orang-orang Mesir. Oleh kerana itu,
orang- orang Masehi bertanggungjawab untuk melakukan pembebasan baru tetapi
dengan cara yang berbeza sesuai dengan perubahan keadaan. Cara tersebut adalah
menjauhkan penggunaan kekuatan bersenjata kerana kekuatan orang-orang Romawi
mengungguli kekuatan saat itu dan menguasai bumi secara keseluruhan. Maka
kemenangan yang mungkin dapat diperoleh adalah dengan cara menghindari tindak
kekerasan dan lebih mengutamakan pendekatan cinta. Dan pada kali yang lain
orang- orang Masehi memperoleh kemenangan melalui cara kedamaian dan cinta yang
disebarkannya atas imperialisme Romawi dengan segala senjatanya dan
kekuasaannya.
Adapun Islam datang sebagai agama
yang terakhir dan menyeluruh yang layak untuk diterapkan di muka bumi, sehingga
Allah SWT mewariskan bumi dan apa saja yang ada di dalamnya kepada orang-orang
yang berhak mewarisinya. Oleh kerana itu, agama yang terakhir ini harus
mempunyai karakter khusus dan karakter itu adalah karakter keadilan.
Ketegasan hanya cocok untuk zaman
tertentu dan kelompok tertentu dan keadaan tertentu, sedangkan cinta adalah
contoh yang tertinggi, tetapi ia tidak dapat menjadi sesuatu tolok ukur untuk
dibandingkan dengan tindakan-tindakan tertentu atau untuk dijadikan alat untuk
melakukan sesuatu. Dan jika ia menjadi tolok ukur bagi orang-orang yang memilki
perasaan yang tinggi atau budaya yang tinggi, maka ia tidak dijadikan tolok
ukur umum dan universal. Adapun keadilan, maka ia menjadi karakter Islam yang
berarti keseimbangan dalam sifat-sifat keutamaan dan meletakkan segala sesuatu
pada tempatnya. Ini adalah tolok ukur yang menyeluruh dan barometer yang akhir.
Dan barangkali kebesaran keadilan dan pengaruhnya dalam pengaturan alam
bersandarkan kepada firman Allah SWT:
"Allah menyatakan bahawasanya
tidak ada Tuhan melainkan Dia. Yang menegakkan keadilan. Para malaikat dan
orang-orang yang berilmu (juga menyatakan yang demikian itu)." (QS. Ali
'Imran: 18)
Apabila Allah SWT dalam Islam
merupakan cermin yang tertinggi, maka keadilan yang disaksikan oleh Allah SWT
terhadap diri-Nya sendiri harus menjadi karakter Islam dan kaum Muslim.
Keadilan dalam Islam bukan hanya keadilan ekonomi atau keadilan hukum atau
keadilan dalam balasan, tetapi ia mencakup semuanya. Sebelum semua ini dan
sesudahnya, keadilan dalam Islam merupakan suatu sistem dalam kehidupan dan
metode utama dalam Islam.
Ketika Anda memalingkan pandangan
Anda dalam Islam, maka Anda akan menemukan keadilan menghiasi seluruh wajah
Islam. Di sana terdapat keadilan antara agama-agama yang dulu, keadilan antara
individu dan masyarakat, keadilan antara dunia dan agama, keadilan antara
lelaki dan wanita, keadilan untuk orang-orang yang fakir dan orang-orang yang
kaya, keadilan antara para penguasa dan rakyat, bahkan dengan keadilan itu
sendiri bumi dan langit ditegakkan dan Allah SWT menyebut diri-Nya sebagai
al-'Adl (Yang Maha Adil).
Selanjutnya, Islam adalah agama yang
sudah lama sebagaimana lamanya kedatangan para nabi. Nabi Nuh as berkata dalam
surah Yunus:
"Jika kamu berpaling (dari
peringatanku), aku tidak meminta upah sedikit pun darimu. Upahku tidak lain
hanyalah dari Allah belaka dan aku disuruh supaya aku termasuk golongan
orang-orang yang berserah diri (kepadanya)." (QS. Yunus: 72)
Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail as
berkata dalam surah al-Baqarah saat keduanya membangun Ka'bah:
"Ya Tuhan kami, terimalah dari
kami (amalan kami), sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Mendengar lagi Maha
Mengetahui. Ya Tuhan Kami, jadikanlah kami berdua orang yang tunduk patuh
kepada Engkau dan tunjukkanlah kepada kami cara-cara dan tempat-tempat ibadat
haji kami, dan terimalah taubat kami. Sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Menerima
taubat lagi Maha Penyayang. " (QS. al-Baqarah: 127-128)
Nabi Ibrahim tidak lupa untuk
berwasiat kepada keturunannya dan di antara mereka adalah Yakub agar mereka mati
dalam keadaan Islam. Allah SWT berfirman:
"Dan Ibrahim telah mewasiatkan
ucapan itu kepada anaknya, Demikian pula Yakub. (Ibrahim berkata): 'Hai
anak-anakku, Sesungguhnya Allah telah memilih agama ini bagimu, maka janganlah
kamu mati kecuali dalam memeluk agama Islam.'" (QS. al-Baqarah: 132)
Ketika kematian mendekati Yakub,
beliau mengumpulkan anak-anaknya di sekelilingnya dan bertanya kepada mereka:
"Apa yang kamu sembah
sepeninggalanku? Mereka menjawab: 'Kami akan menyembah Tuhanmu dan Tuhan nenek
moyangmu, Ibrahim, Ismail, dan Ishaq, (yaitu) Tuhan Yang Maha Esa dan kami
hanya tunduk patuh kepadanya.'" (QS. al-Baqarah: 133)
Allah SWT memberitahu kita dalam
surah Yunus tentang perkataan Nabi Musa kepada kaumnya:
"Hai kaumku, jika kamu beriman
kepada Allah, maka bertawakallah kepada-Nya saja, jika kamu benar-benar orang
yang berserah diri." (QS. Yunus: 84)
Sementara itu, Nabi Sulaiman adalah
seorang Muslim sesuai dengan nas ayat-ayat yang menceritakan tentang kisahnya
bersama Ratu Saba' ketika Ratu tersebut berkata:
"Ya Tuhanku, sesungguhnya aku
telah berbuat lalim terhadap diriku dan aku berserah diri bersama Sulaiman
kepada Allah, Tuhan semesta alam." (QS. an-Naml: 44)
Demikian juga Nabi Yusuf, beliau berdoa
kepada Allah SWT dan meminta kepadanya agar mematikannya sebagai orang Muslim
dan memasukannya dalam kelompok orang-orang yang saleh. Allah SWT berfirman dan
bercerita tentang Yusuf dalam surah Yusuf:
"Ya Tuhanku, sesungguhnya
Engkau telah menganugerahkan kepadaku sebahagian kerajaan dan telah mengajarkan
kepadaku sebahagian ta'bir mimpi. (Ya Tuhan) Pencipta langit dan bumi,
Engkaulah Pelindungku di dunia dan di akhirat, wafatkanlah aku dalam keadaan
Islam dan gabungkanlah aku dengan orang-orang yang saleh." (QS.Yusuf: 101)
Sementara itu dalam surah al-Maidah,
Allah SWT mewahyukan kepada kaum Hawariyin agar mereka beriman kepadanya dan
kepada rasul-Nya lalu mereka berkata:
"Kami telah beriman dan
saksikanlah (wahai rasul) bahawa Sesungguhnya kami adalah orang-orang yang
patuh (kepada seruanmu)." (QS. al-Maidah: 111)
Jadi, Nabi Nuh, Nabi Ibrahim, Nabi
Ismail, Nabi Yakub, Nabi Musa Harun, Nabi Sulaiman, Nabi Yusuf, Nabi Isa adalah
nabi-nabi yang Muslim sesuai dengan nas ayat-ayat tersebut. Maka seluruh nabi
adalah orang-orang Muslim, lalu bagaimana Nabi Muhammad saw sebagai Nabi yang
terakhir dikatakan sebagai orang Muslim yang pertama?
Allah SWT berfirman dalam surah
al-An'am yang ditujukan kepada Nabi yang terakhir:
"Katakanlah: 'Sesungguhnya
solatku, ibadatku, hidupku dan matiku hanyalah untuk Allah, Tuhan semesta alam,
tiada sekutu bagi-Nya; dan demikian itulah yang diperintahkan kepadaku dan aku
adalah orang yang pertama-tama menyerahkan diri (kepada Allah).'" (QS. al-
An'am: 162-163)
Maka, bagaimana beliau menjadi orang
Muslim yang pertama, padahal penamaan umat
beliau dengan sebutan al-Muslimin
adalah penamaan yang sebenarnya sudah dahulu
dikenal di kalangan nabi-nabi yang
terdahulu dan kedatangannya ke alam wujud dan
penamaan agamanya dengan sebutan
al-Islam sebenarnya berhutang kepada datuknya
yang jauh, yaitu Nabi Ibrahim. Allah
SWT berfirman dalam surah al-Hajj:
"Dan Dia sekali-kali tidak
menjadikan untuk kamu dalam agama suatu kesempitan. (Ikutilah)
agama orang tuamu Ibrahim. Dia telah
menamai kamu sekalian orang- orang Muslim
dari dahulu. " (QS. al-Hajj:
78)
Tidak ada pertentangan dalam
pendahuluan para nabi dengan sebutan al- Muslimin daripada Rasulullah saw dan
kedudukan beliau sebagai orang Muslim yang pertama. Tentu kata al-Awwal (yang
pertama) di sini tidak difahami dari sisi waktu atau masa kemunculan, tetapi
yang dimaksud dengan orang Muslim di sini adalah akmalul muslimin (orang yang
paling sempurna di antara orang-orang Muslim). Suatu kali Aisyah pernah ditanya
tentang akhlaknya Rasulullah saw lalu dia menjawab dengan kalimatnya yang
singkat: "Akhlak beliau adalah Al-Quran."
Kita mengetahui bahawa Al-Quran
al-Karim menetapkan akhlak yang mulia meskipun dalam batasannya yang sederhana
dan rendah, dan menyebutkan keutamaan akhlak dalam tingkatannya yang tinggi.
Oleh kerana itu, akhlak seperti apa yang dimiliki oleh Rasulullah saw: apakah
beliau memiliki akhlak yang sifatnya tengah-tengah, atau apakah beliau
mendahului dalam kebaikan, atau apakah beliau termasuk ashabul yamin
(orang-orang yang berasal di sebelah kanan), atau apakah beliau termasuk
al-Muqarrabin (orang-orang yang dekat dengan Allah SWT)?
Rasulullah saw tidak hanya memiliki
semua karakter tersebut dan atribut tersebut, bahkan kedudukan beliau lebih
dari itu semua. Beliau berada di puncak dari segala puncak keutamaan akhlak,
sehingga beliau berhak untuk mendapatkan sebutan dari Allah SWT:
"Dan sungguh pada dirimu
terdapat budi pekerti yang agung. " (QS. al- Qalam: 4)
Para Mufasir berbeza pendapat
tentang makna dari al-Huluqul 'adzim (budi pekerti yang agung). Sebahagian
mereka mengatakan bahawa yang dimaksud adalah Al-Quran. Sebahagian yang lain
mengatakan itu adalah Islam. Ada juga yang mengatakan bahawa beliau tidak
memiliki sesuatu kecuali keinginan untuk menuju jalan Allah SWT.
Dalam Al-Qur'an al-Karim terdapat
penjelasan tentang darjat beliau yang tinggi dalam dua ayat yang mulia. Ayat
yang pertama adalah firman-Nya:
"Katakanlah: 'Sesungguhnya
solatku, ibadatku, hidupku dan matiku hanyalah untuk Allah, Tuhan semesta alam,
tiada sekutu bagi-Nya; dan demikian itulah yang diperintahkan kepadaku dan aku
adalah orang yang pertama-tama menyerahkan diri (kepada Allah).'" (QS. al-
An'am: 162-163)
Beliau adalah orang yang paling
utama di antara manusia semuanya; beliau memiliki keutamaan yang melebihi semua
manusia; beliau memiliki rahmat dan kemuliaan yang tidak dapat ditandingi oleh
seseorang pun. Meskipun beliau datang sebagai Nabi yang terakhir namun justru
kerana posisi beliau sebagai Nabi yang terakhir, maka beliau menjadi bata yang
terakhir dalam pembangunan rumah kenabian yang tinggi, sehingga bata yang
terakhir itu harus menjadi puncak pembangunan manusia. Sedangkan ayat yang
kedua adalah firman-Nya:
"Dan Kami tidak mengutusmu
kecuali sebagai rahmat bagi alam semesta." (QS. al-Anbiya': 107)
Beliau bukan hanya menjadi rahmat
bagi orang-orang Arab saja; beliau bukan hanya menjadi rahmat bagi orang-orang
Quraisy dan beliau bukan menjadi rahmat bagi zamannya saja, begitu juga beliau
tidak menjadi rahmat bagi jazirah Arab saja, tetapi beliau menjadi rahmat bagi
alam semesta; beliau senantiasa menjadi rahmat bagi alam semesta: dimulai dari
diturunkannya wahyu kepadanya dengan kalimat iqra hingga Allah SWT mewariskan
bumi dan apa saja yang ada di dalamnya kepada orang- orang yang berhak
mewarisinya sampai hari kiamat. Alhasil, beliau adalah rahmat yang dihadiahkan
kepada manusia; beliau adalah rahmat yang tidak menonjolkan mukjizat yang
mengagumkan, tetapi beliau adalah rahmat yang memulai dakwah dengan
mengutamakan fungsi akal atau pembacaan dua kitab: pertama, pembacaan kitab
alam atau Al- Qur'an yang diciptakan atau kalimat-kalimat Allah SWT yang terdiri
dari jutaan bentuk dan kedua pembacaan Al-Qur'an yang diturunkan melalui
malaikat Jibril di mana ia merupakan kalamullah yang abadi. Dan kitab alam
dibaca dengan ribuan cara: dibaca melalui penelusuran dunia:
"Katakanlah: 'Berjalanlah kamu
di muka bumi dan amat-amatilah.'" (QS. an-Naml: 69)
Atau dibaca melalui usaha menyingkap
misteri dan penggunaan akal:
"Kami akan memperlihatkan
kepada mereka tanda-tanda (kekuasaan) Kami di segenap penjuru dan pada diri
mereka sendiri, sehingga jelaslah bagi mereka bahawa Al-Qur'an itu adalah
benar. " (QS. Fushilat: 53)
Atau dibaca melalui ilmu dan
pengamatan:
"Atau siapakah yang telah
menjadikan bumi sebagai tempat berdiam, dan yang telah menjadikan sungai-sungai
di celah-celahnya, dan yang menjadikan gunung-gunung untuk (mengukuhkan)nya dan
menjadikan suatu pemisah antara dua laut 1 Apakah di samping Allah ada tuhan
(yang lain)? Bahkan (sebenarnya) kebanyakan dari mereka tidak mengetahui."
(QS. an-Naml: 61)
Jika di sana terdapat ribuan jalan
atau cara untuk membaca kalimat- kalimat Allah SWT dan kitab alam, maka di sana
terdapat satu jalan untuk membaca kalamullah yang abadi, yaitu hendaklah
Al-Qur'an dibaca dengan mata hati dan kecemerlangan basirah, sehingga Al-Qur'an
menjadi bahagian akhlak dari yang membaca sesuai dengan kemampuannya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar